Pintu

Pikiran melayang hingga tiba pada sebuah ingatan tentang keberadaan sebuah pintu yang dulu pernah begitu sering dilewati, membawa ke dalam suatu tempat di mana imajinasi tertinggi tentang bagaimana menjadi diri sendiri dapat terwujud. Ruang tertutup yang tidak pernah memberikan kesempatan bagi kedua mata untuk memandang sekitar.

Masih teringat jelas dalam benak bagaimana wujud raga ini merasa berpijak di dunia yang begitu berbeda ketika kedua tangan menutup pintu itu perlahan dari luar. Membiarkan kembali segala kebisingan mengisi dunia, menyisakan sebuah kehampaan di dalam hati. Kedua kelopak mata kembali sayu dan seulas senyum yang pernah ada memudar. Langkah kaki yang lelah membawa jiwa ini kembali pada sesuatu yang pernah menjadi segalanya.

Telah sekian lama pintu itu tertutup rapat, meskipun sesekali terbuka diiringi sepasang mata yang mengintip. Rasa kehilangan mendalam pernah datang begitu saja atas sesuatu yang sebenarnya tidak pernah dimiliki. Pertanda akan sebuah keharusan untuk berdiam, dan berusaha sedikit lagi untuk berharap sebagaimana mestinya. Mungkin bukan tentang bagaimana menunggu tersesat ke dalam ruang yang mewujudkan bayangan, tetapi bagaimana berusaha untuk menjadi diri sendiri di mana pun diri ini berada.

1

Leave a comment