Sesuatu tentang Doa

Waktu untuk menunggu subuh tadi dihabiskan cuci piring bekas sahur, dan menyimak kuliah singkat dari Prof. Quraisy Sihab tentang doa. Yang bakal dibahas kali ini tentu bukan betapa lelahnya mencuci piring setiap sahur, buka, dan makan malam, tetapi intisari dari kuliah singkat tersebut. Sesuatu tentang doa yang baru bisa saya lebih pahami.

Pada intinya, betapa Allah akan mudah mengabulkan doa orang yang memohon kepadaNya secara bersungguh-sungguh. Lalu mengapa jarang sekali doa kita yang “dikabulkan”? Makna dikabulkan ternyata tidak sesempit harapan kita yang langsung terjadi beberapa saat kemudian, karena bisa jadi waktu dekat itu bukanlah waktu yang tepat menurut Allah untuk doa kita dikabulkan. Ada tiga kemungkinan saat doa seseorang dikabulkan: dikabulkan dalam waktu dekat, dikabulkan dalam waktu yang lama (pada saat yang menurut Allah tepat), atau digantikan oleh Allah dengan sesuatu yang lebih baik lagi. Kalau kita ingat, doa Nabi Ibrahim pun pernah dikabulkan dalam waktu yang lama. Beliau pernah berdoa agar Allah mengutus seorang nabi untuk rakyat Mekkah. Doanya pun baru dikabulkan 2800 tahun kemudian, dengan diutusnya Rasulullah di Mekkah.

Selain itu, hendaklah jangan menggunakan kata-kata “jika Engkau berkenan, maka kabulkanlah doa kami”, dsb. Memohonlah, merengeklah, mendesaklah kepada Allah ketika berdoa, agar Allah tahu betapa kita bersungguh-sungguh memohon kepadaNya. Untuk itu, janganlah pernah lelah dan berhenti dalam berdoa. Jika memang bersungguh-sungguh, yakinlah Allah mengabulkan doa kita, hanya kita saja yang tidak mengetahui dalam bentuk apa Allah mengabulkan doa-doa kita tersebut.

Semoga bisa menjadi penyemangat kita untuk terus berdoa 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s