Menilai Lewat Tulisan

Entah mengapa saya merasa lebih yakin menilai seseorang dari tulisannya dibandingkan dari apa yang dia bicarakan. Terkadang, atau malah sering, pembicaraan sehari-hari dilakukan secara spontan dan tak terpikirkan secara matang. Sedangkan menulis, buat saya, semudah apapun tema yang harus atau mau dikerjakan, selalu memerlukan proses berpikir, karena merangkai kata ternyata jauh lebih sulit dibandingkan membaca kata demi kata dalam suatu literatur.

Selain itu, dilihat dari segi kejujurannya, saya menganggap tulisan jauh lebih jujur dibandingkan omongan. Seseorang tidak akan mau repot-repot mengeluarkan pena dan menulis di suatu kertas atau menyalakan komputer dan log in ke situs penyedia blog, jika memang tak ada sesuatu yang sangat ingin diungkapkan, namun belum, tidak bisa, atau bahkan tidak perlu ia utarakan di sosialisasi yang nyata.

Intinya, jika saya melihat dua sisi yang berbeda dalam diri seseorang di dalam tulisan dan pembicaraan, maka pada akhirnya saya akan lebih memilih melihat dirinya dalam tulisan, dan menganggap sosok dalam pembicaraannya sebagai dunia keduanya.

Leave a Reply

