Sejarah

Situasi saat ini bisa diperindah, namun sejarah akan selalu mempengaruhi hidupmu. Sekalipun engkau datang untuk perubahan, sejarah itu akan tetap melayang seperti awan yang padat dan kuat, namun rapuh saat tersentuh. Sejarah itu sudah terlewati, tak bisa kau rasakan lagi keberadaannya. Atau bahkan kau merasa hidupmu menjadi lebih baik karena Tuhan telah memilih sejarah tersebut untuk menjadi bagian dari dirimu. Tetapi kau tak akan bisa merubah kenyataan bahwa akhir dari peristiwa itu pahit, dan sepahit apapun itu ia akan menjadi kenangan yang indah.

Dan lebih dari itu, sejarahmu adalah sekat yang kuat, lebih kuat dari beton atau sekalipun benda terkeras yang ada di dunia ini.

Ya, sejarahmulah yang membuatku sangat jauh darimu. Sekalipun tanganmu ada di atas tanganku. Sekalipun hidungmu hanya berjarak satu inci dari hidungku. Sekalipun pandangan matamu melekat pada pandangan mataku. Cukup sampai di situ, dan tak akan ada lagi peristiwa selanjutnya. Karena ada sejarah. Sejarah yang hadir sebelum kedatanganku. Bukan yang pertama, namun terbesar, terkuat, menghabiskan waktu paling lama, atau mungkin bisa jadi yang terindah.

Hanya satu yang bisa menghancurkan sekat itu, yaitu kekuatan untuk membuat sejarah yang lebih indah.

Tuhan belum memberikannya pada diriku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s