Proyek Sosial Pertama Dalam Hidupku

What? Proyek sosial? Untuk pelajaran sisipan MULOK itu? Tidaaaaaak, apa yang harus saya lakukan? *dengan tampang bodohnya*

What? Proyek sosial? Untuk pelajaran sisipan MULOK itu? Tidaaaaaak, apa yang harus saya lakukan? *dengan tampang bodohnya*

“Dan untuk mendapatkan nilai test block, kalian diberi kesempatan untuk membuat kelompok dan membuat suatu proyek sosial?” ujar Kak Ivan, guru MULOK atau bahasa kerennya character building yang kebetulan alumni SMAN 8 itu.

Woadohh, apa itu proyek sosial? Ngga ngerti sama sekali aku. Setelah dijelaskan, ternyata kita disuruh membuat suatu kegiatan yang bertujuan sosial, seperti membantu orang yang kurang mampu, anak yatim piatu, dll begitulah. Setelah itu, kita diharuskan membuat laporan beserta lampiran dokumentasinya.

Hmm, tugas itu termasuk berat ngga sih? Menurutku kok berat banget ya buat anak kelas X yang masih polos-polos 😛 . Harus minta surat izin sekolah, proposal pengajuan (heh, apa itu proposal, seumur-umur blm pernah aku bikin proposal), survey ke tempat yang dituju, minta izin sama yang punya, terus begini, terus begitu, lalu ini, lalu itu, blablablabla…ngga abis-abis deh. Mending kita dianggap sama yang punya tempat, kalau kita dianggep anak bawang terus proposal ditolak, hayyoh? Gagal maning kelompok ai. Huhuu

Akhirnya kelompokku mengadakan diskusi tempat yang akan dituju dan kegiatan yang akan dilakukan. Pilihan pertama target anak jalanan, kegiatan bisa ngasih sumbangan, ngajarin, dll. Konsekuensi : kalau ngga dihajar sama preman yang nguasain jalan, kita ditangkep polisi, karena setahuku sekarang ada aturan ngga boleh ngasih ke anak jalanan. Pilihan kedua  target anak yatim piatu. Yang ini lebih simpel, karena target sudah terkumpul dan mungkin tidak seliar anak jalanan. Kegiatan yang dilakukan berupa pengajaran keterampilan karya seni, yang diharapkan bisa digunakan untuk berjualan atau berbisnis *ideku lho ;)*. Konsekuensi : apa yah, saya rasa ngga ada konsekuensi yang dangerous buat kami (kalo ada tolong kasih tau yah). Dan setelah percekcokan sengit dalam kelompokku, sampai bikin sedikit emosi 😛 , finally kita milih target panti asuhan. Di sana kami akan mengajarkan membuat boneka-boneka kecil dari kain flanel, serta membuat bunga-bungaan dari stocking *sekali lagi ini ide saya, karena saya yg bisa, peace!! ^^*, nantinya aku akan mengajarkan salah satu temanku agar kami bisa mengajar berdua.

Okke, target dan kegiatan beres. Namun sekarang aku pusing jika kegiatan itu tidak berjalan lancar. Bagaimana proses izinnya ya? Apakah sulit? Apakah saya akan dianggap, baik dengan si empunya panti asuhan maupun anak-anak yatim piatunya? Apakah proyek kami akan berhasil? Mohon doanya, supaya proyek sosial pertama dalam hidup kami berjalan dengan lancar dan berhasil. Ntar kalo udah jadi aku kasih dokumentasinya deh ^^

13 thoughts on “Proyek Sosial Pertama Dalam Hidupku

  1. Bagos… bagos… guru-na bagos udah menanamkan sifat sosial ama anank-anak didiknya. Sepengalaman ane, hal kayak begini ini akan kuat mengakar dalam benak kita, hingga akhirnya akan menjadi sifat atau kepribadian kita. Pribadi yang penuh dengan empati dan simpati kepada sesama… 🙂

  2. >> Cynanthia : tenkyu, soal dokumentasi beres dah!!

    >> Mawar : okke mba! ^^

    >> pink : salam kenal juga. hah, benr blognya rapi? abis kata org terlalu sepi. hikshiks.

    >> hanggadamai : waw, spertinya unik acaranya, pesta ikan dong? hehheh

    >> takochan : amin mba… 🙂

    >> rizalahmad : jika proyek sudah berjalan, saya yakin pasti bisa menghayati kegiatan itu, semoga jadi ketagihan bikin acara gitu ^^

    >> tehaha : tenkyu ^^

  3. ass.buat mbak? mudah mudahan mbak sehat dan bahagia jujur wae ibuku kangen karo pean lan kepengen weruh pean idul fitri balek yo mbak terus terang seringe aku nulis sesuatu nang nggone pean gawe atiku wedi kelangan pean opo yo pean ngrasake pisan? yen tak rasak rasake pas lagi dewean no jero atiku ono perasaan aneh sing sak lawase iki gak tahu tak ngerteni. sepisan yen pean gak sms atiku kebingungan. no 2yen pean titip salam atiku deg degan.opo yo pean ngalami pisan?mugo mugowae jodo karo akuyo mbak dongakno wae pas pean lagi sholat kanggo aku yo istiqomahe,sabare,ikhlase engko sak mono ugo aku wis yo mbak aku gak pati iso nulis wass’

Leave a Reply

